SIAP LAKSANAKAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2024, BAWASLU PRINGSEWU LANTIK 27 PANWASCAM SE-KABUPATEN PRINGSEWU

28 Mei 2024
Dibaca 157 Kali
SIAP LAKSANAKAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2024, BAWASLU PRINGSEWU LANTIK 27 PANWASCAM SE-KABUPATEN PRINGSEWU

Pringsewu , Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu – Sebanyak 27 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Pringsewu resmi dilantik, pada hari Sabtu, 25 Mei 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji ini berlangsung di Hotel Regency Pringsewu, dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2024.

Hadir Dalam Acara tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Imam Bukhori, S.H, Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi,S.Kom , Anggota Bawaslu Pringsewu Adam Malik, S.H.I , Anggota Bawaslu Pringsewu Mediansyah Resputra, S.E , Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pringsewu Maulana M. Lahudin. SE. M. Si, Wakapolres Pringsewu Kompol Robi Bowo Wicaksono, S.H, Dandim 0424 Pabung Pringsewu Kapt Inf P. Rahmat Hartanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pringsewu Sukarman, S.Pd, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu Sofyan Akbar Budiman

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar demokrasi di Kabupaten Pringsewu dapat berkembang lebih baik melalui kerja-kerja pengawasan yang lebih ketat pada Pilkada Serentak 2024. Imam menekankan pentingnya orientasi kepada pengabdian dan kebaikan bagi seluruh Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

"Panwaslu Kecamatan harus berorientasi pada pengabdian dan hal-hal yang baik. Mereka harus menjadi pemimpin yang mampu meredam konflik atau bahkan menyelesaikan konflik, karena pada Pilkada Serentak, potensi konflik selalu ada," jelas Imam.

Lebih lanjut, Imam menekankan bahwa Pengawas Pemilu di Kabupaten Pringsewu harus dan wajib berorientasi pada kebaikan serta bekerja berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dia menggarisbawahi pentingnya kerja pengawasan yang dilakukan secara kolektif kolegial dan gotong royong.

"Kita akan mengawasi semua tahapan pemilu, bukan hanya penyelenggara, peserta, dan masyarakat, tetapi semua merupakan objek pengawasan. Untuk itu, diperlukan kerja pengawasan secara gotong royong serta peningkatan ilmu tentang peraturan dan perundang-undangan," tambahnya.

Dengan semangat kerja sama dan peningkatan kualitas pengawasan, Imam Bukhori berharap Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Pringsewu dapat berjalan dengan lebih baik, transparan, dan demokratis.

Ketua Bawaslu Pringsewu, Suprondi , S.Kom menyampaikan Panwaslu Kecamatan se-kabupaten Pringsewu untuk menjaga profesionalitas dan independensi dalam menjaga Pilkada 2024 di kabupaten Pringsewu. Mahkota dari penyelenggara pemilu adalah integritas , menjaga integritas dan netralitas sebagai pengawas pemilihan. 

Melakukan konsolidasi ke stakeholder kecamatan karena penyelenggaraan pemilihan harus sukses bukan hanya tugas kita tetapi harus melibatkan semua elemen. Harus turun kebawah untuk sosialisi menolak politik uang

bahwa pelantikan ini merupakan tahapan pertama yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Pringsewu dalam proses pengawasan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2024.

“Satu tugas kami telah selesai dengan mengangkat dan melantik 27 Anggota Panwascam. Mereka harus dikenal karena akan berurusan langsung dengan masyarakat dalam proses pengawasan Pilkada,” ujarnya.

Suprondi menekankan pentingnya peran serta yang baik, terstruktur, dan masif dalam pengawasan Pilkada saat ini.

“Pengawasan Bawaslu sekarang bergerak ke arah terbuka dan partisipatif. Kita sebagai pengawas harus mampu memberikan informasi secara tuntas agar gambaran peristiwa politik bisa tersampaikan dengan baik. Hal ini penting untuk menarik partisipasi publik dalam pengawasan,” katanya.

“Kurangnya informasi yang tersalurkan ke masyarakat bisa menjadi pemicu masalah. Oleh karena itu, Panwascam dituntut mampu menjalin komunikasi yang nyaman dengan semua komponen masyarakat agar terjadi deteksi dini terhadap potensi masalah,” jelasnya.

Suprondi mengajak seluruh anggota Panwascam untuk segera berakselerasi, membangun komunikasi yang baik, dan koordinasi yang efektif.

“Kita mengemban tugas yang sama dalam memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga untuk menjaga agar proses demokrasi berjalan dengan baik,” pungkasnya

*admin/hp