BIMTEK KADER DIGITAL

23 Mei 2024
Dibaca 34 Kali

Jakarta - Digitalisasi menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan dan pengembangan desa. Salah satu aksi yang dilakukan yakni Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggi, dan Transmigrasi melakukan Bimbingan Teknis atau Bimtek Kader Digital Desa Cerdas.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa PDTT mengatakan, dengan adanya pelatihan Bimtek ini dapat memberikan pengetahuan secara langsung dan nyata terkait Desa Cerdas. Pasalnya, kader digital berperan penting dalam pengembangan digitalisasi di desa-desa di Tanah Air.

Hal itu karena mereka merupakan pendamping teknis di desa yang memiliki peran mengembangkan ruang digital desa, memberikan literasi digital kepada masyarakat, serta memfasilitasi masyarakat dalam menyusun perencanaan kegiatan desa cerdas yang inklusif dan partisipatif mengacu pilar desa cerdas.

Selain itu, digitalisasi di desa memiliki banyak manfaat, mulai dari mengatasi persoalan stunting hingga mengurangi dampak atau mitigasi bencana.

"Stunting bisa ditangani dengan digitalisasi, informasinya bisa diakses dengan waktu yang sangat pendek. Segala permasalahan yang muncul di desa bisa ditangani, termasuk mitigasi bencana," ujar Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta menyampaikan bahwa bimtek kader digital desa fase ketiga itu akan diikuti oleh total 1.660 peserta.

Pada gelombang pertama kali ini, kata dia melanjutkan, terdapat sebanyak 990 peserta yang berasal dari 24 provinsi dan 52 kabupaten yang merupakan lokus desa cerdas. Di antaranya, Provinsi Aceh, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Ivan pun menyampaikan metode pembimbingan yang digunakan dalam bimtek tersebut mencakup pendalaman modul, penugasan kelompok, pembelajaran mandiri, dan presentasi hasil penugasan. Lalu, ada pula pre-test dan post-test untuk seluruh peserta.