Disdukcapil Kabupaten Pringsewu Lakukan Jemput Bola Perekaman e-KTP Untuk Warga Pekon Kresnomulyo

10 Agustus 2023
admin
Dibaca 112 Kali
Disdukcapil Kabupaten Pringsewu  Lakukan Jemput Bola Perekaman e-KTP Untuk Warga Pekon Kresnomulyo

KresnoNews - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pringsewu melakukan kegiatan jemput bola perekaman e-KTP untuk warga masyarakat dengan kriteria khusus yang berlangsung di Balai Pekon Kresnomulyo. Kamis (10/08/23)

Pelaksanaan kegiatan jemput bola tersebut rencana akan berlangsung selama dua hari di Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, mengingat masih adanya warga masyarakat yang hari ini belum hadir untuk dilakukan perekaman.

Perekaman e-KTP ini bertujuan agar kedepan Pemerintah Pekon Kresnomulyo khususnya memiliki data yang akurat terkait jumlah penduduk, karena masih banyak warga yang berstatus khusus misalnya Disabilitas, ODGJ tidak tercantum di Kartu Keluarga dikarenakan belum melakukan perekaman e-KTP tersebut.

Selain itu juga adapun fungsi dan kegunaan e-KTP

  • Sebagai identitas jati diri.
  • Berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya.
  • Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP, Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.
  • Untuk mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat, sehingga Data Pemilih dalam pemilu & pemilukada yg selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi, dan semua warga negara indonesia yang berhak memilih terjamin hak pilihnya.
  • Bahwa KTP Elektronik merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang di atur dalam UU No.23 Thn 2006 & Perpres No.26 Thn 2009 dan Perpres No.35 Thn 2010, sehingga berlaku secara Nasional. Dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.

 

*admin