CEGAH PENYEBARAN DEMAM BERDARAH, PEMERINTAH PEKON KRESNOMULYO LAKSANAKAN FOGGING MASSAL

28 Mei 2024
Dibaca 109 Kali
CEGAH PENYEBARAN DEMAM BERDARAH, PEMERINTAH PEKON KRESNOMULYO LAKSANAKAN FOGGING MASSAL
KresnoNews - Pemerintah Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu melakukan fogging sebagai bagian dari antisipasi penularan penyakit demam berdarah terutama dengan sasaran tempat-tempat potensi nyamuk-nyamuk dewasa berada. Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Selasa (28/05/2024)
 
Pelaksanaan fogging dilakukan sejak hari Jum'at 24 Mei 2024, menyasar yang dimungkinkan sebagai tempat sarang nyamuk, yaitu sekitar pukul 07.00 – 10.00 dan pukul 14.00 – 17.00. Momen tersebut merupakan waktu yang strategis bagi nyamuk Aedes sp (penyebab penularan penyakit demam berdarah) aktif dan beraksi menggigit manusia. Sejatinya, menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu jauh lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa.
 
Dalam kesempat tersebut pula, Pemerintah Pekon Kresnomulyo menghimbau masyarakat untuk rutin, berkelanjutan, bersama-sama membiasakan pencegahan DBD dengan PSN tersebut yaitu melalui 3 upaya dalam 3M plus, yang terdiri dari : 1) Menguras bak mandi/penampungan air; 2) Menutup semua penampungan air; 3) Memusnahkan/menyingkirkan barang bekas yang dapat menampung air; plus, Tidak menggantung baju yang dapat menjadi tempat nyamuk, serta Menggunakan Lotion Anti Nyamuk atau obat pembasmi/pengusir nyamuk, dsb.
 
Besar harapan, seluruh warga masyarakat Kresnomulyo dapat terhindar dari penyakit Demam Berdarah, serta penyakit menular berbasis lingkungan lainnya.
 
*admin/hp