Kader Digital Penting dalam Pengembangan Digitalisasi di Desa

31 Mei 2024
Dibaca 125 Kali
Kader Digital Penting dalam Pengembangan Digitalisasi di Desa

KresnoNews - Digitalisasi menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan dan pengembangan desa. Salah satu aksi yang dilakukan yakni Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggi, dan Transmigrasi melakukan Bimbingan Teknis atau Bimtek Kader Digital Desa Cerdas.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa PDTT mengatakan, dengan adanya pelatihan Bimtek ini dapat memberikan pengetahuan secara langsung dan nyata terkait Desa Cerdas. Pasalnya, kader digital berperan penting dalam pengembangan digitalisasi di desa-desa di Tanah Air.

Hal itu karena mereka merupakan pendamping teknis di desa yang memiliki peran mengembangkan ruang digital desa, memberikan literasi digital kepada masyarakat, serta memfasilitasi masyarakat dalam menyusun perencanaan kegiatan desa cerdas yang inklusif dan partisipatif mengacu pilar desa cerdas.

Selain itu, digitalisasi di desa memiliki banyak manfaat, mulai dari mengatasi persoalan stunting hingga mengurangi dampak atau mitigasi bencana.

"Stunting bisa ditangani dengan digitalisasi, informasinya bisa diakses dengan waktu yang sangat pendek. Segala permasalahan yang muncul di desa bisa ditangani, termasuk mitigasi bencana," ujar Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar.

*admin/hp