rss_feed

Pekon Kresno Mulyo

Jl. Soekarno Hatta No. 01 Pekon Kresnomulyo Kec. Ambarawa Kab. Pringsewu Tlp. 085769653507
Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung
Kode Pos 35376

call 085769653507| mail_outline kresnomulyo86@gmail.com

  • MUGIYANTO

    Kepala Pekon

    Tidak di Kantor
  • HASANUDDIN

    KAUR KEUANGAN

    Tidak di Kantor
  • FARIDA LUKMI

    KAUR PERENCANAAN

    Tidak di Kantor
  • JUMAROH

    KAUR TATA USAHA DAN UMUM

    Tidak di Kantor
  • FATHUR ROHMAN

    KASI KESEJAHTERAAN

    Tidak di Kantor
  • NENINGSIH

    KASI PELAYANAN

    Tidak di Kantor
  • LENI MARLINA

    KASI PEMERINTAHAN

    Tidak di Kantor
  • RUSLI HUFRONI

    KADUS PENGALEMAN TIMUR

    Tidak di Kantor
  • DARYOTO

    KADUS SUKAWATI

    Tidak di Kantor
  • JANIAH

    KADUS KRESNOMULYO SELATAN

    Tidak di Kantor
  • GUNAWAN

    KADUS KRESNOMULYO UTARA

    Tidak di Kantor

settings Pengaturan Layar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMART VILLAGE PEKON KRESNOMULYO KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG
fingerprint
SMART VILLAGE : INOVASI DESA DI ERA DIGITALISASI

02 Mar 2021 16:36:51 488 Kali

KresnoNews – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu Sosialisasikan Smart Village yang bertempat di Balai Pekon Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Selasa (2/03/21)

Acara berlangsung dari pukul 08.30 Wib sampai dengan selesai yang dihadiri Operator Smart Village beserta Perangkat Pekon Se-Kabupaten Pringsewu.

Desa merupakan unit terkecil dalam sistem pemerintahan. Desa memiliki peran yang sangat penting untuk pembangunan nasional. Membangun desa berarti juga memulai untuk pembangunan nasional. Terdapat banyak program-program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan pedesaan. 

Sebagaimana UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang disahkan selain memang diatur secara khusus di Pasal 86 Undang-undang tersebut, secara umum adanya Sistem Informasi di Desa. Mendadak disadari menjadi kebutuhan kesadaran tiba-tiba tidak saja menyengat Pemerintah Desa, melainkan juga tingkat di atasnya yaitu Kabupaten. Pada pasal tersebut memang disebutkan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban mengembangkan Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Kawasan.

Salah satu inovasi yang cukup terkenal akhir-akhir ini untuk lebih memajukan desa adalah dengan konsep Smart Village. Konsep ini merupakan pengembangan dari konsep Smart City yang lebih dulu dikenal di masyarakat. Konsep Smart City yang telah ada tidak bisa diterapkan di desa, karena konsep ini memang lebih cocok diterapkan di kota, serta antara kota dan desa memiliki karakter yang berbeda, sehingga kemudian muncul konsep Smart Village yang diterapkan di desa. 

Smart Village sebagai Inovasi Desa yang dilandasi pada kenyataan bahwa desa juga menjadi tumpuan pembangunan nasional, dan keberhasilan desa secara akumulatif akan mendorong kelangsungan ekonomi nasional maka posisi desa sungguh sangat penting. Desa perlu dikembangkan secara inovatif menuju desa cerdas atau smart village.

Konsep Smart Village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal. Komponen tersebut antara lain Smart Institution, Smart Infrastructure, Smart Service Delivery, Smart Technology and Innovation, dan Smart Societis. Untuk menjalankan segala komponen tersebut dengan baik, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik satu sama lain. 

 

*admin

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Aparatur Pekon