Semarak Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kresnomulyo Gelar Lomba dan Festival Layang-layang

30 Oktober 2023
admin
Dibaca 99 Kali
Semarak Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kresnomulyo Gelar Lomba dan Festival Layang-layang

KresnoNews - Sebanyak 7 peserta lomba layang-layang akan mengikuti final memperebutkan dua ekor kambing (untuk juara 1) besok.

Final lomba layang-layang yang akan digelar di pesawahan di Dusun Pangaleman Timur berbatasan dengan Kresnomulyo Utara ini, juga akan dilanjutkan dengan gelaran festival layang-layang.

Kegiatan yang digagas dan laksanakan oleh Karang Taruna Pekon Kresnomulyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu ini cukup mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Tercatat, ada 100 pendaftar yang ambil bagian dan terjaring dalam lomba layang-layang yang dilaksanakan Sabtu-Minggu (28-29/10/2023).

Koordinator dokumentasi lomba dan festival layang-layang Heru Purnomo, mendampingi Ketua Karang Taruna Pekon Kresnomulyo Yudistira Ardi Nugroho menjelaskan, kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95.

“Dalam lomba ini ada Tatib yang harus dipatuhi oleh setiap peserta lomba dan juga festival. Untuk kategori layang-layang yang dilombakan yakni pegon atau ram-raman, dengan ukuran layang-layang 120 centimer”, ucap Heru, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Heru, untuk kategori lomba dibuka untuk umum dan setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp25 ribu.

Sementara, untuk kategori festival, terbuka untuk semua jenis layang-layang, dengan biaya pendaftaran sebesar 10 ribu.

“Untuk lomba kita ambil juara, 1,2,3 dan juara 4 dengan besaran hadiah berbeda. Sedangkan untuk festival, panitia menyiapkan beragam door price”, paparnya.

Ada beberapa item yang jadi penilaian panitia sambung Heru untuk bisa menentukan juara dalam lomba layang-layang. Mereka dikelompokkan kedalam empat kelompok dengan jumlah anggota sebanyak sembilan peserta.

“Sampul layang-layang tidak mengandung unsur politik, SARA dan juga pornograpi. Ini salah satu tatib dalam lomba dan juga festival layang-layang. Sedangkan untuk kategori festival yang akan jadi penilaian diantaranya dari sisi desain dan keunikan layang-layang”, terangnya.

Selain mendapat dukungan penuh dari Kepala Pekon Kresnomulyo Mugiyanto, kegiatan ini mendapat dukungan dari stakeholder lainnya yang menjadi sponsorship seperti Sewu Property, Channel Santri, Layanan Digital Nusantara dan Heru Owner.

Untuk diketahui, pihak panitia lomba layang-layang akan memberikan hadiah sesuai dengan tingkatan juara.

Untuk juara ke-1 yakni satu ekor kambing, juara ke-2 uang senilai 750 ribu, juara ke-3 uang senilai 500 ribu dan juara ke-4 uang senilai 250 ribu. (Ful)